2KA09
SURVEY
USAHA MIKRO KECIL-MENENGAH
“BAKOEL
SUSU”
UNIVERSITAS
GUNADARMA
2016
ANGGOTA KELOMPOK:
NPM NAMA
13114520 ELSA ANGGRAEINI
11114510 ARDY RIZALDY
17114499
MUHAMMAD RIFQI
16114971 MUHAMAD KARNO
16114740 MOHAMAD AGUS P
10114172 ADAM RIYADI N
1A114015 SAPTO PRASETYO
18114894 RANDY HASTAJI DERIANTO
10114046 ABDUL ROHMAT
11114409 ANNISABELLA ILMA NAFIA
18114507 PRIADANIS NUGROHO
19114718 RIZKY RAMDANI
17114126 MUHAMMAD BAHY JODIANTO
17114046 MUHAMMAD ADITYA
15114094 IFNU SHYFA
KATA
PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat
Allah SWT. Dan dengan rahmat dan karunianya, MAKALAH TEORI ORGANISASI UMUM (USAHA KECIL
MENENGAH) ini dapat kami buat sebagai tugas kami. Sebagai bahan pembelajaran
kami dengan harapan dapat di terima dan di pahami secara bersama.
Makalah ini diajukan guna memenuhi tugas mata kuliah
TEORI ORGANISASI UMUM. Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang
telah membantu sehingga makalah ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya.
Makalah ini masih jauh dari kesempurnaan.
Akhirnya kami dengan kerendahan hati meminta maaf jika
terdapat kesalahan dalam penulisan ataupun penguraian makalah kami. Dengan
harapan dapat di terima oleh Bapak/Ibu dan dapat dijadikan sebagai acuan dalam
proses pembelajaran kami.
Depok, 08 Januari 2016
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR............................................................................................................................I
DAFTAR ISI..........................................................................................................................................II
BAB I PENDAHULUAN.......................................................................................................................1
1.1 LATAR
BELAKANG..........................................................................................................1
1.2
MANFAAT...........................................................................................................................1
BAB II PENDEFINISIAN.....................................................................................................................2
2.1 DEFINISI
UKM....................................................................................................................2
2.2 JENIS-JENIS
UKM..............................................................................................................2
BAB III PEMBAHASAN......................................................................................................................3
3.1
BIOGRAFI............................................................................................................................3
3.2
SEJARAH.............................................................................................................................3
3.3 HASIL
KUNJUNGAN.........................................................................................................4
3.4 PRODUK-PRODUK YANG
DIHASILKAN......................................................................8
3.5 PORSI
PENJUALAN...........................................................................................................8
BAB IV PENUTUP..............................................................................................................................10
4.1
KESIMPULAN...................................................................................................................10
4.2
SARAN...............................................................................................................................10
DAFTAR PUSTAKA...........................................................................................................................11
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Minuman Susu sangat penting bagi manusia
dengan kandungan gizi tinggi dan lengkap. Susu mengandung protein tinggi,
lemak, vitamin, mineral, karbohidrat, zat besi, kalsium dan fosfor, sehingga
dapat memenuhi kebutuhan gizi manusia. Dengan mengkonsumsi susu dapat membantu
proses pertumbuhan, memperkuat tulang, menetralisir racun dalam tubuh, dsb.
Bisnis Susu merupakan salah satu bisnis
Usaha Kecil Menengah (UKM). Dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat yang
mengkonsumsi susu pada saat ini maka banyak usaha kecil menengah yang membuka
usaha susu tersebut. Bukan hanya susu murni atau susu rasa coklat saja,
sekarang sudah banyak berbagai aneka variasi susu yang ditawarkan. Macam-macam
aneka variasi rasa susu tersebut seperti: susu rasa redvelvet, cream coklat,
oreo, tiramisu, green tea, dll. Variasi rasa ini membuat masyarakat semakin
meningkatkan minat dalam mengkonsumsi susu. Susu juga dapat dijangkau oleh
berbagai lapisan masyarakat. Peluang usaha susu sangat menggiurkan. Peluang
usaha ini juga mudah mendapatkan bahan bakunya yang merupakan susu.
1.2 MANFAAT
PENULISAN
Adapun manfaat penulisan dalam
makalah ini adalah sebagai berikut:
1. Bermanfaat
sebagai contoh inspirasi dalam memulai suatu usaha.
2. Dapat
bermanfaat sebagai suatu proses belajar dalam wirausaha.
3. Dapat
mengkaji lebih dalam tentang susu yang diminati konsumen.
4. Dapat
mengetahui macam-macam aneka variasi susu.
5. Untuk
menambah pengetahuan tentang manfaat dari susu tersebut.
BAB
II
PENDEFINISIAN
2.1 DEFINISI UKM
Usaha Kecil dan Menengah disingkat UKM adalah sebuah istilah yang mengacu
ke jenis usaha kecil yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 200.000.000
tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha. Dan usaha yang berdiri
sendiri. Menurut Keputusan Presiden RI no. 99 tahun 1998 pengertian Usaha Kecil
adalah: “Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang
secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk
mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat.”
2.2 JENIS JENIS UKM :
a. Usaha Manufakur (Manufacturing
Business)
Yaitu usaha yang mengubah input dasar menjadi produk yang bisa dijual kepada konsumen. Kalau anda bingung, contohnya adalah konveksi yang menghasilkan pakaian jadi atau pengrajin bambu yang menghasilkan mebel, hiasan rumah, souvenir dan sebagainya.
b. Usaha Dagang (Merchandising
Business)
Adalah usaha yang menjual produk kepada konsumen. Contohnya adalah pusat jajanan tradisional yang menjual segala macam jajanan tradisional atau toko kelontong yang menjual semua kebutuhan sehari-hari.
c. Usaha Jasa (Service Business)
Yakni usaha yang menghasilkan jasa, bukan menghasilkan produk atau barang untuk konsumen. Sebagai contoh adalah jasa pengiriman barang atau warung internet (warnet) yang menyediakan alat dan layanan kepada konsumen agar mereka bisa browsing, searching, blogging atau yang lainnya.
BAB
III
PEMBAHASAN
3.1
BIOGRAFI
Nama
Pemilik :
Ibu Hj. Herlina
Umur :
-
Alamat :
Jln. Srengseng
sawah RT/RW 10/06 No. 50 Jagakarsa,Jaksel
Tahun
Bediri :
2015
Nama
Toko :
Bakoel Susu
3.2
SEJARAH
Pada awalnya
saya membuka bisnis ini pada tahun 2015 ketika keinginan untuk membuat tempat
yang oke untuk minuman yang sehat juga tempat yang asik untuk sekedar lepaskan
kepenatan Ibukota Jakarta sambil menikmati kebersihan, kemurnian dan kelezatan
susu sapi segar yang telah di pasteurisasi.
Mendirikan sebuah bisnis kuliner yang banyak diminati
oleh banyak kalangan membuat saya terus mengasah dan mengelola kemampuan
bisnisnya. Saya selalu mencari inovasi kuliner yang baru agar menarik perhatian
konsumen. Dan saya berinisiatif untuk membuka bisnis kuliner saya yang diberi
nama ‘BAKOEL SUSU’.
Ada sesuatu yang menarik apabila anda datang ke tempat
saya yaitu anda akan disuguhkan dengan suasana yang nyaman dengan bertemakan
sapi. Ibu Hj. Herlina mengatakan bahwa tujuan membuat suasana bertemakan sapi
pada tempatnya itu adalah untuk menarik minat pengunjung untuk singgah
menikmati lezatnya susu sapi.
Gambar
di atas adalah Rumah Makan yang bernama Bakoel Susu yang dimiliki oleh Ibu Hj
Herlina, yang bertempat di daerah Serengseng Sawah. Rumah makan ini sekarang
berjalan 1 tahun. Biasanya rumah makan ini menjual berbagai makanan dan jajanan
juga tentunya susu yang menjadi ciri khas dari rumah makan ini.
Dalam menjalankan usahanya tersebut Ibu Hj Herlina
menjual aneka makanan dan jajanan seperti roti bakar, pisang bakar, sosis,
siomay, kentang goreng juga susu beraneka rasa yang bisa kita pesan di rumah
makan tersebut. Rumah makan Bakoel Susu ini buka Setiap
hari dari pukul 16.00 – 23.00 .
Dari
gambar di atas terlihat tempat biasanya pengunjung memesan makanan maupun minuman.
Terlihat menu makanan dan susu yang disajikan tertera di tembok. Juga terlihat
alat yang biasanya di gunakan untuk membuat tutup pada minuman bagi pengunjung
yang ingin memesan susu untuk di bawa pulang.
Dari gambar di atas terlihat tempat biasanya pengunjung memesan makanan maupun minuman. Terlihat menu makanan dan susu yang disajikan tertera di tembok. Juga terlihat alat yang biasanya di gunakan untuk membuat tutup pada minuman bagi pengunjung yang ingin memesan susu untuk di bawa pulang..
Dari gambar di atas terlihat tempat biasanya pengunjung memesan makanan maupun minuman. Terlihat menu makanan dan susu yang disajikan tertera di tembok. Juga terlihat alat yang biasanya di gunakan untuk membuat tutup pada minuman bagi pengunjung yang ingin memesan susu untuk di bawa pulang..
Dari
gambar di atas terlihat meja dan kursi yang tertata rapih dengan desain yang
sederhana sebagai tempat biasanya para pengunjung untuk makan dan minum. Dan
juga terlihat wastafel yang sengaja di buat untuk mencuci tangan bagi para
pengunjung yang hendak makan di rumah makan tersebut.
Di
tempat ini juga disediakan arena bermain untuk para pengunjung yang membawa
anak agar tidak membuat mereka bosan.
Gambar
di atas menunjukkan suasana pengunjung ketika hendak memesan dan memilih menu
makanan dan minuman yang tersedia.
Gambar di atas
menunjukkan suasana pengunjung di rumah makan tersebut.
PRODUK-PRODUK
YANG DIHASILKAN
Produk-produk yang dihasilkan oleh usaha
ini yaitu:
·
Susu
·
Roti Bakar
·
Pisang Bakar
·
Sosis
·
Siomay
·
Kentang Goreng
PORSI
PENJUALAN
Dalam sehari usaha dari Ibu Hj. Herlina
ini bias menjual produknya seperti susu hingga 50 liter biasanya 1 liter susu
di jadikan 4 gelas, dalam sebulan bisa terjual hingga 1500 liter susu.
HARGA
JUAL
Jenis
makanan/minuman
|
Kisaran
harga(Ribu/Rupiah)
|
Susu
|
8-10
|
Roti Bakar
|
7
|
Pisang Bakar
|
7
|
Sosis
|
12
|
Siomay
|
15
|
Kentang Goreng
|
8
|
Gambar
menu.
BAB
IV
PENUTUP
4.1 KESIMPULAN
Berdasarkan hasil
observasi yang kami lakukan di UKM Bakoel Susu di daerah Serengseng Sawah. UKM
ini merupakan tempat penyediaan makanan dan minum dengan harga terjangkau yang
dimiliki oleh Ibu Hj Herlina, yang menyediakan berupa minuman seperti susu
murni, susu avocado, susu strawberry, susu orea, susu jahe dan menyediakan
makanan seperti sosis, roti bakar keju, roti bakar strawberry, roti bakar
cokelat, french fried, pisang bakar keju, pisang bakar cokelat.
4.2 SARAN
Saran untuk bakoel susu yaitu agar dapat meningkatkan kualitas dari produk
yang dihasilkan dan membuat produk lebih kreatif agar beda dari yang lain
karena dalam suasana persaingan yang semakin kompetitif, keberadaan UKM
dituntut untuk dapat bersaing dengan pelaku usaha lainnya. Maka
dari itu pelayanan, fasilitas, kenyamanan, keamanan, dan kebersihan harus
ditingkatkan agar konsumen dapat merasa puas, dan dapat berjalan secara efektif
dalam memenuhi tujuan dari promosi UKM
.
.
DAFTAR PUSTAKA
http://addyarchy07.blogspot.com/2012/05/jenis-jenis-usaha-kecil-menengah.html#ixzz3wSmRstXf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar